Monday, January 31, 2005

Pilihan Wanita dan Pria

Bicara tentang pilihan, masih (selalu) enak untuk dikedepankan.
Dalam mencari TEMAN HIDUP, beberapa kali saya memberikan NASEHAT pada teman-teman (teman beneran) wanita yang meminta pendapat saya dalam menentukan pilihan mereka.
"Lang, saya bingung apakah harus memilih dia yang saya cintai, sementara dia kelihatannya tidak begitu peduli pada saya, atau haruskah aku menerima pinangan orang lain, yang saya tahu DIA SANGAT MENCINTAI saya..." begitu salah seorang teman saat meminta saran pada saya.
"Kenapa, bingung? Kamu putuskan aja untuk memilih salah satu..." Saya menjawab sekenanya saja.
"Bukan begitu Lang, ini kan menyangkut masa depan saya" pernyataan lanjutan mereka karena gelisah
"Ok, gini deh... dengerin ya?"
"iya.."
Mulailah saya panjang lebar memberikan penjelasan :)
Menurut saya, untuk Cewek, atau wanita atau perempuan IDEALNYA adalah HIDUP berdampingan dengan orang yang MENCINTAI dia sepenuh hati dan DIA CINTAI. itu idealnya..
Tapi, KALAU hal yang ideal itu tidak kita dapatkan, MAKA, PILIHAN yang BIJAK adalah HIDUP berdampingan dengan ORANG YANG MENCINTAI kita (sebagai perempuan). Kenapa begitu? Pria atau Laki-laki tentu mengharapkan bisa hidup dengan orang yang ia cintai. Bahkan (pada banyak kasus), Laki-laki akan melakukan apa saja, demi mendapatkan, demi melindungi WANITA yang ia Cintai. Sang Laki-laki yang mencintai seorang wanita, tidak - akan pernah - rela bila WANITA yang IA CINTAI hidup dalam DUKA LARA. Ia akan melakukan berbagai cara UNTUK MEMBAHAGIAKAN wanita yang dia cintai.
Berbeda kasusnya, kalau KITA (PEREMPUAN) yang mencintai tapi sang pria kurang begitu peduli (tidak cinta?).
KITA (PEREMPUAN) akan berusaha untuk melakukan apa saja untuk membuatnya JATUH CINTA dan SENANG berdampingan dengan kita. Kita akan LAKUKAN apa saja, kita akan berusaha tampil sesuai 'keinginan' dia, dan seterusnya, dan seterusnya. Sehingga peran kita SELALU AKTIF bahkan cenderung KITA MENGHIBA kepadanya...
Lalu? Apa (yang umumnya) terjadi? Sang laki-laki HIDUP BERKELIARAN dengan wanita lain di luaran sana. Pada saat ditanya, kenapa kamu lakukan itu? "karena saya hidup dengan WANITA yang TIDAK SAYA CINTAI"... begitu jawab mereka.
Saya bicara begitu, karena fakta mengatakan begitu. Itu FAKTA yang banyak TERJADI.
Saya bukan bicara GENDER, atau kebebasan wanita dan pria (yang pada kasus ini) tampaknya agak berseberangan. Bukan!!
Saya ingin mengatakan bahwa fakta yang terjadi, dalam banyak kasus wanita (lebih) sering disalahkan. Wanita lebih banyak yang menanggung 'beban KESALAHAN dalam Rumah Tangga'. Itu saja! *berlagak seperti psikolog... hehehe..*
"Tapi gimana dong Lang, APAKAH SAYA HARUS HIDUP DENGAN ORANG YANG TIDAK SAYA CINTAI?"
Pilihan ada DITANGAN KAMU.
Tapi ketahuilah, bahwa DALAM KEHIDUPAN BERUMAH TANGGA, bukan TENTANG CINTA SAJA yang ada. TAPI Bagaimana menyelaraskan dua KEINGINAN dan FIKIRAN antara PRIA dan WANITA itu. Disitulah KECOCOKAN yang berperan.
Hidup, dengan orang yang dicintai? atau HIDUP dengan ORANG YANG KITA CINTAI (tapi tidak mencintai kita); idealnya HIDUP DENGAN ORANG YANG MENCINTAI DAN KITA CINTAI. Kalau itu tidak kita miliki? APAKAH ADA PILIHAN LAIN?

No comments: