Thursday, December 18, 2003

SULITNYA (MENJADI PRIBADI) MANDIRI

Dalam suatu kesempatan, saya sempat ditanya seorang teman, "Lang ada lowongan nggak ditempatmu kerja?". Saya sempat tertegun juga, sebab menurut saya, teman saya itu sudah mendapatkan posisi yang cukup bagus di sebuah perusahaan air minum, Manager HRD. Hal yang senada juga dilontarkan sebagian besar teman kuliah (dulu) saya.
Ada hal yang menggelitik hati saya dari pertanyaan teman saya itu. Apa sih, atau barangkali jenis pekerjaan apa sih, yang sebenarnya ingin dicari oleh seseorang itu? Temen saya itu sebelumnya pernah menjadi As. Manager Marketing, yang bertugas kemana-mana. Kadang ke luar kota dan bahkan ke luar Jawa. Waktu itu dia sempat bilang "Lang, saya bosan pergi-pergi melulu, saya capek, ada nggak lowongan di tempat kamu??"
Saya sendiri (yang kerja sehari-harinya [menurut orang] monoton, berkutat dengan laporan dan data-data, angka dan bahasa-bahasa hukum), kadang juga (bahkan sering) merasa "wah membosankan sekali dengan pekerjaan ini!!" Saya ingin bekerja di tempat lain dengan suasana lain. Saya ingin bekerja di suasana yang natural jauh dari kebisingan, kala matahari akan menyapa, terdengar suara-suara kokok ayam jantan membangunkan diri, tiap hari mendengarkan bisikan angin pagi dari celah-celah dedaunan, memandang ke sekitar.. membentang hijaunya sawah dan ladang, suara burung pipit bersahut-sahutan di siang hari, kadang mengalun suara seruling anak gembala........
Tapi....????
Bukankah saudara-saudara kita yang berada di pedesaan, yang berada diperkampungan, banyak berfikir kebalikan dari apa yang kita rasakan????
yah...! begitulah..!!
Sulit sekali menjadi pribadi yang mandiri(??) (yang menerima keadaan yang ada dengan rasa syukur, dan tetap berusaha untuk menuju yang lebih baik....)

Po5t3d by : 1lalang L14r

No comments: