Wednesday, June 17, 2009

Mimpiku angan-anganku

Apa mimpi Anda ketika anda masih kecil?
Apa mimpi anda saat masih SMP, SMA, atau saat kuliah?
Atau bila pertanyaan lebih lanjut bila anda baru lulus kuliah, apa mimpi anda saat ini?

Sewaktu kecil, mimpi saya sangat sederhana. Saya ingin melanjutkan sekolah ke sekolah guru. Menurutku menjadi guru adalah pekerjaan yang menyenangkan. Bisa memberikan ilmu buat anak didik, berbagi pengalaman hidup dan tentu saja 'melihat' mereka menjadi pintar, akan membuat suatu kebahagiaan yang tidak ternilai.
Sewaktu SMP, mimpi itu berubah.
Aku ingin jadi dokter.
Dalam benakku dengan menjadi dokter, tentu membuatku berkesempatan banyak menolong orang lain yang memerlukan. Aku ingat betul, bagaimana orang tuaku yang sakit (waktu itu panas demam), tapi aku tidak bisa berbuat apa-apa, kecuali menunggu dengan harap-harap cemas. "andai saja, aku jadi dokter pasti aku bisa mengobati orang tuaku" begitu pikirku waktu itu.
Setelah SMA mengambil jurusan biologi (yang menurutku masih paralel dengan cita-citaku menjadi dokter), mimpiku berubah lagi.
Usia SMA, telah membuatku lebih realistis. Aku yang berasal dari keluarga sederhana, bahkan sangat sederhana. Tentu sangat sulit untu memiliki mimpi yang terlalu tinggi. Mimpiku harus disesuaikan dengan kondisi keluargaku.
Menjadi dokter bukanlah hal yang mudah. Karena disamping persyaratan 'kepintaran' terdapat syarat lain: keuangan yang cukup.
Akhirnya mimpiku 'hanya': aku ingin masuk ke bangku kuliah. Itu saja. ingin kuliah. Untuk sebagian orang ‘duduk di bangku kuliah’ mungkin hal biasa, suatu jalan yg memang harus dan pasti dilewati. Buatku, saat itu, kalimat ‘duduk di bangku kuliah’ merupakan sesuatu yang serius bahkan hampir seperti impian.
Aku yang hanya berasal dari keluarga sederhana, dengan empat orang adik-adikku, tidak muadh untuk kondisi seperti itu.
Namun, sekali lagi aku saat itu lebih realistis. Menjadi dokter, bukan 'hanya' mimpi yang sangat sulit kugapai. Tetapi tampaknya hanya merupakan angan-angan saja. Sehingga mimpiku, 'kuturunkan' hanya bisa kuliah saja. Yang pasti aku harus punya mimpi. Itu yang membuatku bisa semangat dan terus semangat.
Namanya juga mimpi, bisa tercapai bisa juga tidak..
Ternyata benar! Setelah lulus SMA mimpi itu laksana 'bunga ilalang liar yang terbang terbawa angin petang'. Pergi entah kemana.
Mimpi itu ternyata hanya angan-angan...

Bersambung.....

No comments: