
Biaya investasi jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa Rp 2,4 triliun ini tidak menggunakan biaya APBN. Jalan Tol Nusa Dua Bali murni dibiayai oleh dana perusahaan dan pinjaman korporasi dalam negeri tanpa sedikitpun memberatkan APBN.
Di Indonesia, bisa jadi ini jalan tol terpanjang di atas laut yang pernah dibangun, tapi bukan yang pertama di dunia. Berikut ini beberapa jalan tol atas laut yang bisa menjadi pesaing jalan tol Bali, seperti dikutip detikFinance dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2013).
Jembatan Penang merupakan jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas.
- Jembatan Toll Penang Malaysia
Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town. Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau, tarif sekali jalan 5,6 Ringgit.
Mulai 2004, jembatan tol ini diperluas dari 4 lajur menjadi 6 untuk melayani lalu lintas yang meningkat. Kemudian pada 13 Agustus 2009 diresmikan Menteri PU Malaysia Dato’ Shaziman Abu Mansor.
2. Chesapeake Bay Bridge

Rentang asli dibuka pada tahun 1952 dan, pada waktu itu, dengan panjang 6,9 km, itu adalah terpanjang terus menerus di dunia diatas air struktur baja. Rentang paralel ditambahkan pada tahun 1973.
3. Lake Pontchartrain Causeway
Lake Pontchartrain Causeway, di Amerika, adalah sebuah jembatan tol panjang dan terdiri dari dua jalur, yang dibangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika.
Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol.
4. Jembatan Tol Jiaozhou Bay
Jembatan tol ini resmi dibuka oleh pemerintah China pada 30 Juni 2011. Jembatan tol ini diberi nama Jiaozhou Bay Bridge, berlokasi di Qingdao, China timur Provinsi Shandong. Jiaozhou Bay merupakan jembatan lintas laut terpanjang di dunia dengan panjang 42 kilometer atau 26,4 mil.
Pada waktu itu untuk menyelesaikan proyek ini memakan biaya US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun. Jembatan tol ini ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang. Pengerjaan jembatan selesai dalam 4 tahun. Jalan tol ini setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan, butuh 30 menit sebuah kendaraan untuk bisa melintasi tol ini.
sumber: detik.com
No comments:
Post a Comment